Home » Berita » Berita LDII Sulawesi Tengah » Dukung BMPI, LDII Sigi Gandeng Pemuda Semarakkan Tanam Pohon

Dukung BMPI, LDII Sigi Gandeng Pemuda Semarakkan Tanam Pohon

SIGI, – Pemanasan global bukan lagi merupakan isu belaka, melainkan telah menjadi fakta yang nyata. Dibuktikan dengan pergantian musim antara kemarau dan penghujan yang sulit diprediksi. Tindakan nyata yang dapat dilakukan untuk mencegah semakin memburuknya lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan.

 

Menyikapi hal ini Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Sigi, mengadakan kegiatan penghijauan yang dilaksanakan di Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari minggu (4/12) ini diikuti oleh para generasi penerus LDII dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII Desa Kalukubula.

 

Mohammad Ikhwan, S. AP., selaku Ketua PAC Desa Kalukubula, mengatakan kegiatan penghijauan ini dalam rangka mendukung program pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yaitu Bulan Menanam Pohon Indonesia atau disingkat BMPI yang dilaksanakan setiap Bulan Desember.

 

Olehnya DPD LDII Sigi melalui PAC Kalukubula melaksanakan penanaman pohon di lingkungan Kalukubula tepatnya di seputar Jalan Kebun Murbei yang melibatkan generasi penerus PAC LDII yang terdiri dari usia pra remaja, remaja, dan dewasa. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan generasi muda akan pentingnya penghijauan lingkungan.

 

“Selaku organisasi massa, kami terus mendukung program pemerintah, salah satunya dengan kegiatan menanam di BMPI ini, sekaligus mengenalkan pentingnya menjaga lingkungan kepada generasi penerus kita,” jelas Ikhwan.

 

Ada beberapa jenis pohon yang ditanam, di antaranya pohon mahoni, alpukat, petai, jengkol, dan lain sebagainya. Pemilihan pohon yang berbuah ini bertujuan agar dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar.

 

“Kegiatan ini kami laksanakan memang dalam rangka pengabdian warga LDII terhadap 8 klaster program yang dicanangkan oleh Dewan Pimpinan Pusat LDII terkait lingkungan. Kami berharap dengan penanaman 500 pohon ini dapat menjadikan Indonesia bersih, asri, indah, serta nantinya buah dari pohon tersebut dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” Kata Rendy Sumantri S.H., ketua panitia kegiatan.

 

Arsyi Ababil, salah satu generasi penerus LDII Kalukubula mengatakan cukup senang dan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

 

“Alhamdulillah kami senang dengan adanya kegiatan seperti ini, selain kami bisa ikut andil dalam menjaga lingkungan kami juga nanti yang akan merasakan manfaatnya,” Kata Abil ketika ditemui redaksi.

 

Selain ditanam, beberapa bibit pohon juga dibagikan kepada warga sekitar agar juga bisa melakukan penghijauan secara pribadi di lahan masing masing.***

Penulis: Ramadhan Lines

Editor: Angga Dharmawan Lines

Leave Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.