Home » Berita Daerah » Lestarikan Budaya Bangsa, Persinas ASAD Sigi Helat Pasanggiri
Pembukaan pasanggiri Persinas ASAD Sigi (Lines)
Pembukaan pasanggiri Persinas ASAD Sigi (Lines)

Lestarikan Budaya Bangsa, Persinas ASAD Sigi Helat Pasanggiri

Sigi – Pencak silat merupakan budaya bangsa yang perlu di lestarikan dan perlu di kembangkan karena merupakan warisan leluhur, salah satu perguruan silat yang secara masif melakukan pembinaan dan mengembangkan pencak silat adalah perguruan silat Persinas ASAD.

Dalam upayanya mengembangkan serta melestarikan pencak silat, Persinas ASAD Kabupaten Sigi menghelat pertandingan pasanggiri yang dilaksanakan pada hari sabtu (21/01) bertempat di padepokan Persinas ASAD, Sigi, Sulawesi tengah.

Pertandingan pasanggiri sendiri adalah pertandingan silat yang mana para peserta memperagakan jurus-jurus beladiri perguruan Persinas ASAD. Pada gelaran kali ini pertandingan pasanggiri mempertandingkan beberapa kategori diantaranya kategori usia dini, pra remaja, remaja, dewasa serta golongan pembina.

Ir. H Agus Effendy MS.i selaku Dewan pembina Persinas ASAD Kabupaten Sigi mengatakan bahwa ajang pasanggiri seperti ini merupakan upaya untuk melestarikan pencak silat serta mencari talenta – talenta atlet berbakat yang bisa bersaing ditingkat provinsi maupun ditingkat nasional.

“Latihan silat tidak hanya bermanfaat sebagai penjagaan diri, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan, maka saya harapkan anak-anakku sekalian agar semangat dalam latihan sehingga bisa menjadi atlet-atlet yang profesional karena untuk menjadi atlet yang baik tidak bisa di dapatkan dengan instan tetapi melalui proses yang panjang serta keseriusan dalam latihan”, kata Agus Effendy dalam sambutannya.

Lebih lanjut Agus Effendy mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali bibit-bibit atlet dari kabupaten Sigi yang akan mewakili Sigi dalam pagelaran pasanggiri tingkat provinsi Sulawesi tengah yang akan di laksanakan pada bulan Februari tahun 2023.

H Sudiarto S.Pd selaku ketua Persinas ASAD Sigi sekaligus merangkap pengurus IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan bahwa semua peserta khususnya para generasi muda yang hadir dalam pergelaran pasanggiri tersebut merupakan bibit bibit atlet yang berbakat yang disiapkan untuk  kejuaraan mulai tingkat kabupaten, provinsi bahkan tingkat Nasional.

“Anak-anak yang saat ini ada di hadapan saya merupakan generasi yang sangat luar biasa, mereka inilah bibit-bibit atlet yang di persiapkan untuk mengikuti kejuaraan persinas asad tingkat provinsi yang insya Allah akan dilaksanakan pada bulan Februari 2023 dan tingkat nasional yang insha Allah akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2023 ” ungkap Sudiarto ketika membuka kegiatan pasanggiri tersebut.

Rendy Sumantri selaku ketua panitia mengatakan kegiatan pasanggiri tersebut untuk memberikan motivasi kepada para generasi muda untuk selalu giat dalam latihan serta mempererat tali silaturahim antar atlet.

“Kegiatan pasanggiri ini kami berharap para peserta selalu menumbuhkan unsur seni,budaya,spiritual dan beladiri,dan tidak kalah penting kegiatan ini akan terus memotivasi para atlit untuk memperkuat fisik dan mempererat persaudaraan,mau kalah menang sudah biasa dalam pertandingan”, ungkapnya.

Selain pertandingan silat, kegiatan tersebut juga diramaikan dengan kegiatan bazar yang menyediakan aneka makanan dan minuman, diantaranya kaledo yang merupakan makanan khas Sulawesi tengah serta menu-menu lainnya yang tidak kalah enaknya.

Kegiatan yang di mulai dari pukul 09.00 wita tersebut berakhir pada pukul 16.00 wita.

 

Penulis: Ramadhan/ Lines

Editor: ZFR/ Lines

Leave Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.